DIY Aluminium 80/20 Wheel Stand

Akhir-akhir ini lagi pengen punya wheel stand buat g29 yang foldable maupun collapsible biar gampang dipindahin kalau mau main di depan monitor atau di depan TV dan bisa diumpetin tanpa harus rakit-rakit lagi kabelnya. Sialnya, setelah cari-cari di marketplace lokal, barang yang sesuai ciri-ciri di atas itu udah nggak ada stocknya macam buatan Next Level Racing atau malah nggak masuk sama sekali di Indonesia kayak punyanya GT Omega. Ada sih wheel stand buatan lokal tapi nggak bisa dilipet-lipet kayak merek-merek tadi. Mau nyoba masukin sendiri tapi setelah dihitung-hitung ongkirnya malah seharga barang tadi belum termasuk pajaknya (kalau lewat jalur resmi).

Nah jadi kepikiran kenapa nggak buat sendiri? Jadi mulailah cari-cari referensi untuk buat wheel stand sendiri. Dari bahannya itu kalau mau buat sendiri bisa milih dari kayu, pipa pvc (pralon), besi siku, aluminium 80/20 (aluminium profile/extrusion), atau kombinasi dari material-material tadi. Karena pengen yang ringan tapi kuat jadi pilihnya aluminium profile yang seri 40mm . Selain itu, aluminium extrusion itu kayak lego, bisa bongkar pasang sesuka hati. Enaknya jadi bisa infinite adjustment, jadi bisa sesuain posisi riding semau kita. Kalau sewaktu-waktu mau jadiin full rig dengan racing seat pun bisa tinggal buat lagi aja dudukan buat seat bracket-nya.

Bahannya udah ketemu yang dipengenin, sekarang kita ngomongin design-nya. Untungnya buat gambar design aluminium extruded udah ada software yang gampang banget digunain kayak main the sims, tinggal drag and drop. Search aja di google pake query “may cad” entar juga ketemu.

Setelah ngutak-atik may cad ketemu design kayak gini.

I know it’s not the most beautiful thing ever but it should work just fine. Sebenarnya masih bingung juga supportnya bisa hold enggak biar nggak goyang-goyang pas dipake, mengingat g29 ada force feedbacknya.

Karena ada beberapa part yang nggak ada di Indo, macam pivot anglenya. Jadi harus pesen dulu barangnya di aliexpress. Sambil nunggu barangnya datang sementara artikel ini sampai di sini dulu sembari tweaking designnya siapa tau bisa lebih sempurna lagi.

Fin.